Sunday, July 8, 2012




Pantai Sawangan.



Pantai! Hmmmm….Tuhan itu adil dalam hidup saya :) setelah Dia beri kesempatan bertahun-tahun tinggal di kaki gunung di wilayah Jawa Tengah, sekarang saya di beri kesempatan tinggal di wilayah Bali bagian Selatan dimana terdapat buanyak sekali pantai nan indah alami yang salah satunya adalah pantai Sawangan. Lokasi pantai ini terletak di depan Hotel Nikko Bali Nusa dua atau sekitar 3 kilometer ke sebelah selatan dari kawasan Bali Tourism Development Center (BTDC) Nusa Dua yang kira-kira 30 menit jarak tempuh dari Bandara International Ngurah Rai dan 20 menit saja dari tempat saya tinggal di daerah Jimbaran. Sabtu 7 Juli 2012 setelah makan siang di rumah, saya memacu motor dengan sang kekasih :) menuju pantai yang kata orang sangat bagus pemandangannya dan layak dikunjungi ketika kita berada di Bali. Akses menuju pantai bagi kita yang bukan tamu Hotel Nikko adalah melalui gang kecil dimana jalannya belum beraspal tepat sebelum pintu masuk Hotel Nikko dari arah Nusa Dua, lalu masuk kedalam melalui jalan ini kira-kira 200 meter sampai mentok dan kita akan berada di bibir jurang diatas pantai ini. Kita tidak perlu membayar tiket masuk ataupun parkir karena ini pantai umum milik bersama hanya jangan lupa untuk mengunci kendaraan yang kita bawa, setelah mengambil gambar panorama dari atas bukit kamipun turun melalui puluhan anak tangga beton yang memang dibuat untuk menuruni bukit menuju pantai.

Hotel Nikko
Di pantai ini kebersihan sangat terjaga, mungkin karena ini salah satu fasilitas alami yang “dijual” oleh Hotel Nikko maka merekapun terus berusaha membuat pantai ini bersih dengan memperkerjakan banyak tenaga kebersihan yang siap memungut benda-benda yang sekiranya merusak citra pemandangan dan kebersihan pantai. Hal lain yang unik dan tidak ada duanya yang ditawarkan oleh pihak hotel adalah safari unta di pantai :) aneh biasanya unta di padang pasir eh sekarang unta jalan-jalan santai di pantai. Bagi kita yang berminat walaupun bukan tamu yang menginap di Hotel Nikko, untuk jalan-jalan bersama unta selama 1 jam anda cukup membayar 35$ + 10% Pajak untuk 1 orang Dewasa sedangkan untuk setiap anak adalah 20$ + 10%. Kita juga bisa jalan-jalan bersama unta selama 30 menit dengan tarif 20$ + 10% pajak untuk dewasa dan 15$ + 10% untuk anak-anak, karena bagi saya tarif tersebut cukup mahal sayapun cukup puas berfoto dengan sang unta saja :)
Jalan santai di pantai bersama untai :)
Ga ada duit = foto sama unta saja.
Berjalan ke arah selatan kita akan menemui banyak karamba milik petani lokal yang membudidayakan rumput laut, pantai sawangan ini merupakan salah satu penghasil rumput laut di bali. Ombak di pantai ini pada waktu itu cukup besar dan tidak heran banyak potongan-potongan rumput laut dari karamba yang terhempas di pinggir pantai, hal itu menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar pantai karena saya melihat tidak sedikit warga sekitar yang umumnya orang-orang yang sudah tua turun ke pantai untuk mencari potongan-potongan rumput laut dan mengumpulkannya di keranjang yang nantinya akan di jual ke pengepul untuk mendapatkan tambahan uang.

Karamba budidaya rumput laut
Seorang nenek mencari potongan rumput laut.
Potongan rumput laut
Kami menyempatkan diri untuk menyapa salah satu nenek yang ada pada saat itu dan mencoba membantu mengambil potongan rumput laut yang berada diantara pecahan karang, pasir dan vegetasi bawah laut yang lainnya yang belum ditemukan manfaatnya..hmmmm butuh ketelitian juga tampaknya, sesudah itu kami duduk santai di pasir untuk menikmati indahnya pantai Sawangan sambil bersendau gurau :) :) Sungguh pengalaman yang berharga dan patut di syukuri, dalam hatipun berkata untuk Tuhan : “…tinggal di gunung sudah, di pantai sudah..kapan ya Tuhan kasih kesempatan untuk bisa tinggal di padang gurun atau tempat yang bersalju?...”   hmmmmm….we’ll see mike :) Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.






4 comments:

  1. artikelnya bagus :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bos. Maaf bos, boleh ngga saya ambil foto2nya untuk di simpan di media cetak Bali Express (Jawa Pos Group) bos? Makasih.

    ReplyDelete