Thursday, January 24, 2013



Lari-Lari Babi.

Seringkali kita mendengar tentang jogging atau dalam bahasa saya adalah “lari-lari babi” J merupakan olah raga yang gampang, hemat biaya dan bisa di lakukan dimanapun kapanpun oleh siapapun, betul enggak? Ah anyway asalkan lari-lari babi ini di lakukan dengan cara yang baik dan benar maka dari itu dapat memberikan sesuatu yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini kesimpulan yang saya dapatkan dari  beberapa pernyataan dan manfaat dari olah raga jogging dari beberapa sumber : Peneliti menemukan bahwa kita tidak perlu mencoba latihan ekstrem nan mahal untuk bisa hidup sehat. Jogging dengan kecepatan lambat atau rata-rata untuk satu atau dua jam bisa meningkatkan harapan hidup pria 6,2 tahun dan wanita 5,6 tahun, serta mengurangi risiko kematian sebesar 44 persen. Para Peneliti juga percaya bahwa lari-lari babi dapat memberikan manfaat kesehatan ganda seperti meningkatkan pengambilan oksigen, menurunkan tekanan darah, mencegah obesitas, meningkatkan fungsi jantung dan meningkatkan fungsi psikologis dan manfaat banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, saya juga mendapati beberapa manfaat serupa di atas yang diperoleh dengan rajin jogging yaitu:

1.      Meningkatkan daya kekebalan tubuh, ini sangat penting supaya kita tidak mudah terserang penyakit ringan misalnya seperti flu.

2.      Mengurangi stress, jogging dapat membuat pikiran kita lebih santai dan menjadikan penghilang stress jangka panjang.

3.      Menjaga kesegaran badan dan siap menjalani aktivitas, lari-lari babi membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh serta menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan jiwa.

4.      Menjaga berat badan dan memperbesar otot, selain dapat menurunkan berat badan, jogging atau lari-lari babi ini dapat meningkatkan komposisi tubuh dan membantu membangun otot sehingga menjadikan postur tubuh kita tetap ideal.

5.      Menjaga jantung kita tetap sehat, sayangilah jantung kita dengan rutin melakukan lari-lari babi maka kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Jadi apakah kita percaya akan semua itu? Benarkah hasil penelitian dari para peneliti yang entah siapa mereka itu betul-betul dapat di percaya kebenarannya? Lalu apakah manfaat-manfaat tersebut diatas bisa kita dapatkan ketika kita melakukannya? Ah terseraaaah…boleh kita percaya atau kita menolaknya dan menganggap angin lalu saja J bebaslah hidup kita ini kawan J…tapi …tapi…tapi…dan tapi lagi J tidak ada salahnya juga kalau kita menaruh pikiran positif dalam hidup kita dan mencoba percaya akan hasil penelitian dan manfaat dari lari-lari babi, toh itu semua positif buat kita. Hmmm…saya mau bercerita J awal-awal hidup di Bali saya tinggal di rumah keluarga Amerika kurang lebih 6 bulan lamanya, tentunya saya sedikit banyak tahu akan aktivitas dari keluarga ini dan yang menjadi sorotan saya adalah kebiasaan baik Ibu dari rumah kami yang bernama Ibu Carol Butera, yaitu setiap hari beliau selalu membuat raganya di olah J dengan metode “selang-seling” yaitu hari ini jogging besok berenang lalu keesokan harinya kembali jogging dilanjutkan berenang lagi dan semua itu di lakukannya dengan rutin dan penuh komitmen maka hasilnyapun tampak sekali bahwa beliau selalu tampak sehat dan segar walaupun usianya sudah melewati setengah abad. Saya pikir pasti beliau akan berkenan dan siap kalau di ajak tanding lari marathon dengan kita J info tambahan : saya pernah jogging bareng beliau dari pantai seminyak sampai pantai kuta Bali bolak-balik, hasilnya beliau lari konsisten dan melahap semua trek lalu hasil buat saya adalah lari tidak konsisten, nafas tersedak-sedak dan setengah trek pulang balik dengan jalan kaki loyo akhirnya di overlap lagi sama ibu Carol L.

Dari pengalaman tersebut, karena tahu itu kebiasaan yang baik maka sayapun mengadopsi kebiasaan itu untuk hidup saya…gak rugilah kalau kita adopsi kebiasaan-kebiasaan baik yang kita temui di hidup ini untuk kita, karena yang pasti hasilnya juga akan pasti baik untuk hidup kita…sampai dengan saat ini “Thank God” lari-lari babipun selalu menghiasi hidup saya, semenjak sudah tidak tinggal dengan keluarga Amerika, dari mulai hidup sendiri lalu pacaran dan sampai menikah itu selalu ada…dan semoga ini bisa menjadi olah raga keluarga saya kelak sampai anak cucu karena murah meriah wuhahahaha. Dan juga faktor keberuntungan lain yang menjadikan kebiasaan itu eksis yaitu saya tinggal di Jimbaran dimana lokasinya strategis untuk mendapatkan trek lari-lari babi yang indah menawan hati seperti trek pantai Jimbaran ( dari hotel four season sampai landasan bandara Ngurah Rai ), trek pantai Kuta, trek pantai Nusa Dua, trek Tanjung Benoa, trek perbukitan di Garuda Wisnu Kencana dan trek persegi panjang lapangan sepak bola. Semoga dan semoga saya tetap terus konsisten akan kebiasaan ini…J 

trek GWK
 
Nusa Dua
 
Water blow Nusa Dua

Landasan Ngurah Rai

 
Lalu apa hasilnya buat saya setelah melakukan lari-lari babi? Sepertinya belum tampak hasilnya bagi perut saya hahahahahahahahah karena perut saya masih besar gendut menawan, tapi setidaknya untuk flu sudah sangat jarang sekali ada di hidup saya dan hasil lainnya membuat tubuh dan pikiran jadi segar…tapi kadang-kadang lari-lari babi malah membuat saya jadi capek dan akibatnya membuat malas beraktivitas lalu memilih tidur seharian wukakakakak…..( tapi mari berpikir lagi untuk melakukannya dengan cara yang baik dan benar untuk hasil yang maksimal J ). Dan yang pasti manfaat besar yang langsung saya dapatkan adalah “good quality time” bersama istri saya <3 <3 <3. So baiklah…dari pembacaan seputar jogging dan pengalaman yang saya jumpai: saya belajar untuk marilah kita membudayakan kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita itu baik adanya dalam hidup ini, tetaplah konsisten akan hal itu dan mari kita percayai sesuatu yang baik sudah menunggu di depan kita. Salam lari-lari babi.

Akibat salah strategi jogging



 


No comments:

Post a Comment